Selasa, 23 September 2014

Cara Memilih Kayu Yang Baik

Pada dasarnya, kayu jati adalah jenis kayu yang memiliki kualitas baik, bahkan tidak sedikit orang yang bilang kalau kualitas kayu jati sebagai kayu pertukangan adalah nomer wahid. Kayu ini biasa dipakai oleh masyarakat sebagai bahan baku untuk membuat mebel, baik mebel garden maupun mebel indoor. Bahkan penggunaan kayu jati untuk furniture yang ditempatkan secara langsung dengan tanah juga sangat disarankan. 
Kayu jati yang akan digunakan untuk produk-produk kayu yang membutuhkan penampilan yang baik, ternyata harus dikeringkan dengan cara yang benar. Pada jaman dulu, orang melakukan pemotongan kayu jati hanya pada phon yang sudah kering. Pohon jati dimatikan tanpa dipotong. Pohon jati dibiarkan mati dengan keadaan berdiri, dengan cara ini maka pohon ini akan kering secara alami. Pohon yang sudah kering ini kemudian baru dipotong dan dibelah untuk digunakan.
Pada saat ini maka pengeringan kayu jati banyak dilakukan dengan menggunakanoven kayu. Kayu jati dipotong dan dibelah, kemudian dimasukkan dalam kiln dry untuk dikeringkan. Untuk mendapatkan kayu dengan kualitas terbaik, maka pengeringan kayu jati tidak boleh terlalu cepat. Biasanya dibutuhkan waktu sekitar 4 minggu sampai 6 minggu pengeringan untuk mendapatkan hasil kayu yang maksimal. Pengeringan yang terlalu cepat bisa mengurangi kualitas kayu dengan adanya kayu yang retak, melengkung atau masalah dengan warna kayu yang gelap. Pengeringan dengan menggunakan pre drier kiln juga bisa digunakan untuk menghasilkan kualitas kayu yang lebih baik.
Kayu jati yang digunakan untuk membuat produk kayu bagiamanapun juga harus kayu yang sudah kering. Penggunaan kayu yang masih basah akan menimbulkan masalah di kemudian hari seperti masalah kayu pecah, melengkung atau bahkan masalah jamur. Kayu yang sudah kering juga memiliki resiko yang lebih kecil untuk terkena masalah dari minyak kayu di dalamnya.




Untuk itu, di bawah ini merupakan ciri-ciri kayu jati yang berkualitas bagus :

  • Tentu saja umur kayu harus benar-benar tua. Sebab kayu tua memiliki tingkat kekuatan dan keawetan yang sangat bagus.
  • Pori-pori kayu terlihat padat. Pori-pori yang padat menjadikan kayu jati lebih awet dan tahan terhadap serangan hama perusak kayu seperti rayap.
  • Warna kayu lebih hidup. Kayu jati yang berkualitas bagus pasti kayunya tua, dan warna permukaan kayu pada kayu jati yang berumur tua akan terlihat lebih hidup, penyebbnya adalah banyaknya pigmen kayu yang terbentuk pada kayu jati tua.
  • Tidak terdapat mata mati pada kayu. Mata mati perlu dihindari sebab kayu dengan mata mati memiliki kemingkinan patah sangat besar.
  • Tidak ada hati kayu. Hati kayu adalah bagian dari pusat kayu, bagian ini biasanya berisi seperti gabus. Umumnya, tampilan hati pada kayu, berbentuk seperti garis yang panjang (jleret) dan apabila terlepas akan menimbulkan bekas yang dapat merusak keindahan kayu jati.
  • Kayu tidak berlubang. Sama seperti keberadaan hati kayu, lubang pada kayu juga menyebabkan tampilan kayu menjadi tidak bagus karena akan terlihat banyak dempul untuk menutupinya.
  • Tidak ada gubal kayu, atau kalaupun ada sebisa mungkin diminimalisir sesedikit mungkin (± 3% kayu gubal masih dianggap berkualitas)
  • Memilih finishing yang bagus dan berkualitas
  • Pilihlah kontruksi mebel yang kuat Bila anda mau membeli Furniture, cobalah untuk memakainya dulu, karna dengan memakai kita bisa tau kontruksinya bagus atau bukan. Kontruksi yang bila kita memakainya akan terasa nyaman, kuat atau kokoh ketika kita gunakan. Produk furniture juga harus Simetris.
  • Carilah furniture asli jepara Karena sejak dulu Jepara sudah terkenal dengan mebelnya atau furniture. Furniture Jepara juga sudah go internasional, karna sudah di percaya dengan kualitas furniture yang baik. Buktinya sampai sekarang banyaknya customer dari negara tetangga yang mempercayai kebutuhan furniture untuk di produksi oleh tangan-tangan orang jepara, itulah keunggulan Jepara dari cara membuat produk furniture yang di buatnya.Keahlihan masyarakat di Jepara sudah turun-temurun untuk membuat mebel, karna itu jangan kaget jika anda menemukan hampir semua masyarakat jepara memproduksi mebel atau furniture.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar