Rabu, 17 September 2014

Perkembangan Futsal Di Indonesia

Futsal masuk ke Indonesia sebenarnya pada sekitar tahun 1998-1999. Lalu pada tahun 2000-an, futsal mulai dikenal masyarakat. Pada saat itulah futsal mulai berkembang dengan maraknya sekolah-sekolah futsal di Indonesia. Lalu pada tahun 2002 AFC meminta Indonesia untuk menggelar kejuaraan Piala Asia.

Pada tahun 2002 Indonesia telah berhasil menyelenggarakan Kejuaraan Futsal Asia di Jakarta. Pada saat itulah lahir timnas Futsal Indonesia yang pertama kali masih di huni oleh pemain sepakbola dari klub liga Indonesia. Akan tetapi pada saat ini futsal telah mengalami perkembangan yang luar biasa, hal itu terlihat dari banyaknya bermunculan penyewaan lapangan futsal di Jakarta dan kota besar lainnya dan juga turnamen-turnamen futsal di Jakarta.
Apakah perkembangan ini sudah cukup untuk bersaing di dunia international? Masih jauh dari harapan, itulah jawaban semua masyarakat futsal Indonesia. PSSI harus serius dan profesional dalam membina dan mengembangkan futsal di Indonesia.


Tiga petinggi futsal AFC, yaitu Ali Targholizadeh selaku Direktur Futsal AFC, Abbas Torabian selaku Komite Futsal AFC, dan Fu Lei selaku eksekutif Futsal AFC berkunjung ke kantor PSSI pada Selasa kemarin yang dilanjutkan dengan menonton pertandingan final four Indonesia Futsal League (IFL).
Kehadiran ketiga petinggi futsal ini dalam rangka melakukan assessment terhadap Indonesia dalam bidang futsal, terutama yang berkaitan dengan administrasi dan organisasi futsal yang ada di PSSI. Kemudian mereka juga melihat keberlangsungan kompetisi futsal di Indonesia, perkembangan pelatih dan juga wasit, dan juga pembinaan pemain muda, dan tidak lupa melihat klub-klub futsal di Indonesia.
Assessment ini berkaitan dengan tiga kategori futsal di AFC, yaitu Kelas A (Advance), Kelas B (developing), dan Kelas C (belum berpartisipasi). Indonesia saat ini berada di Kelas B dan dengan kedatangan mereka ini Indonesia diharapkan dapat naik ke Kelas A paling lambat pada 2020.
ketiganya akan berada di Indonesia hingga Kamis (14/11) besok untuk kemudian memberikan rekomendasi apa-apa saja yang harus diperbaiki oleh Indonesia. AFC sendiri menilai futsal Indonesia diharapkan dapat menjadi salah satu kekuatan futsal di Asia. Oleh karenanya, mereka akan mencoba membantu Indonesia untuk menaikkan kelasnya.
Patut dinantikan apa saja rekomendasi AFC untuk mengembangkan futsal di Indonesia. Diharapkan pula seluruh pihak yang berkecimpung di dunia futsal Indonesia dapat bahu membahu untuk membawa Indonesia terus berkembang dan mencapai apa yang ditargetkan oleh AFC untuk naik ke Kelas A pada 2020 mendatang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar